Pentingnya Key Account Profile

PENTINGNYA KEY ACCOUNT PROFILE

Bisnis yang berkembang adalah bisnis yang memiliki customer yang loyal dan menyumbangkan nilai bisnis dalam jumlah yang besar atau biasa disebut dengan istilah Key Account.

Key Account perlu dikelola dengan baik, karena mereka memegang kunci bagi kelangsungan bisnis jangka panjang, biaya menjadi efektif, memberikan gambaran tentang pencapaian target pendapatan di masa yang akan datang, serta menjadi sumber informasi penting di bidangnya.

Pada umumnya di dalam B to B Business, Key Account dikelola oleh petugas yang disebut dengan Key Account Officer (KAO) atau Key Account Manager (KAM), yang memiliki kompetensi antara lain: business acumen, consultative selling skills, business issues awareness, interpersonal skills, planning & organizing, dan lain-lain.

Baik KAO dan KAM bertugas melayani dan mengelola hubungan jangka panjang dengan Key Account untuk memenuhi kebutuhan dan sedapat-dapatnya melampaui harapan mereka. 

Pengelolaan Key Account diawali dengan membuat Key Account Profile berisikan informasi dan data-data penting terkait Key Account, meliputi:

  • Key Account Database
  • Lokasi dan demografi
  • Industri dan pemain kunci
  • Produk dan jasa yang ditawarkan
  • Product life cycle
  • Bisnis berulang
  • Volume bisnis
  • Pertumbuhan bisnis
  • Business issues
  • Peta persaiangan
  • Key Account Attractiveness / daya tarik
  • Struktur Organisasi dan orang kunci dalam organisasi
  • Gaya dan proses pengambilan keputusan
  • Otoritas dan tanggung jawab dalam pengambilan keputusan
  • Tingkat hubungan dengan orang-orang kunci
  • Dan lain-lain.

Key Account Profile akan memberikan gambaran utuh terkait Key Account yang dilayani, dengan demikian KAO/KAM dapat melakukan komunikasi dan pengelolaan dengan lebih efektif dan efisien, baik secara internal maupun dengan pihak-pihak eksternal lainnya.

Key Account Profile juga bersifat dinamis dan perlu diperbarui dari waktu ke waktu, sehingga KAO/KAM dapat merekomendasikan strategi bisnis ke depan kepada manajemen secara efektif.

Marilah kita terus meningkatkan diri dalam memberikan layanan yang terbaik bagi Key Account demi kemajuan bisnis bersama. 

Sukses selalu buat Anda dan tim!

14 Februari 2023
Cakrajono Lawoto – Director of Learning & Development @Sarel Sentra Inspira


Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

©2023 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved